DETIK-DETIK Bentrok FPI Polisi, 6 Orang Tewas Tertembak, Begini Penjelasan Pendukung Habib Rizieq

Laskar FPI batasi aparat polisi saat mengirim surat panggilan ke kediaman Habib Rizieq Shihab. (Suara.com/Bagaskara)

JAKARTA, DELEGASI.COM – 6 orang pendukung Imam Besar FPI Habib Rizieq Shihab tewas tertembak dalam bentrok di Tol Jakarta – Cikampek.

Dilansir Tribunnews.com, Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Fadil Imran mengungkap telah terjadi penyerangan kepada anggota kepolisian di ruas Tol Jakarta-Cikampek KM 50, Senin (7/12/2020) dini hari.

Fadil mengatakan anggota yang diserang tengah melakukan penyelidikan terkait adanya informasi pengerahan massa akibat adanya agenda pemeriksaan kepada Muhammad Rizieq Shihab (MRS) yang dijadwalkan berlangsung hari ini, Senin (7/12), pukul 10.00 WIB.

Fadil mengatakan enam anggota kepolisian tersebut diserang oleh sepuluh orang pengikut dari MRS.

Dalam kejadian itu, kepolisian terpaksa melakukan tindakan tegas dan terukur sehingga enam di antara pengikut MRS tewas ditembak.

“Terhadap kelompok MRS yang melakukan penyerangan kepada anggota dilakukan tindakan tegas dan meninggal dunia 6 orang,” kata dia.

“Empat orang lainnya melarikan diri,” imbuh Fadil.

Tanggapan FPI

Atas hal ini, kuasa hukum FPI memberikan klarifikasi lewat keterangan tertulis yang diterima redaksi.

Berikut isi lengkap keterangan tersebut:

Bahwa benar ada peristiwa penghadangan, penembakan terhadap rombongan IB HRS dan keluarga serta

penculikan terhadap 6 orang laskar pengawal IB. Peristiwa terjadi di dekat pintu Tol Kerawang Timur.

Bahwa semalam IB dengan keluarga termasuk cucu yg masih balita, akan menuju tempat acara pengajian

subuh keluarga, sambil memulihkan kondisi.

Sekali lagi ini pengajian Subuh internal khusus keluarga inti.

Dalam perjalanan menuju lokasi pengajian Subuh keluarga tersebut, rombongan dihadang oleh preman OTK (yang kami duga kuat bagian dari operasi penguntitan dan untuk mencelakakan IB).

Para preman OTK yang bertugas operasi tersebut menghadang dan mengeluarkan tembakan kepada laskar pengawal keluarga.

Hingga saat ini para penghadang berhasil melakukan penembakan dan 1 mobil berisi 6 orang laskar masih hilang diculik oleh para preman OTK bertugas operasi.

Kami mohon do’a agar 1 mobil yg tertembak berisi 6 orang laskar yang diculik agar diberi keselamatan.

Dan mohon do’a juga IB HRS. Untuk lokasi IB HRS, demi alasan keamanan dan keselamatan beliau beserta keluarga, maka kami tidak bisa sebutkan.

Karena semalam jelas ada upaya penembakan terhadap rombongan beliau dan sampai saat ini masih 6
orang laskar yang hilang diculik.

Demikian pernyataan ini kami buat.

Jelang Pemeriksaan Habib Rizieq, Begini Suasana di Petamburan 

Menjelang pemeriksaan Imam Besar FPI Rizieq Shihab atau Habib Rizieq oleh Polda Metro Jaya begini suasana kawasan Petamburan, markas FPI.

Seperti diketahui Rizieq Shihab akan diperiksa terkait kerumunan massa di masa pandemi covid-19 hari ini.

Pantauan Tribunnews.com, terlihat belasan warga tampak berkumpul di akses masuk Jalan Petamburan III Jakarta Pusat menuju Markas FPI dan rumah Rizieq pada Senin (7/12/2020) sekira pukul 11.30 WIB.

Dari belasan warga tersebut tampak sebagian di antsranya mengenakan seragam putih Laskar Pembela Islam (LPI).

Selain itu tampak juga warga lain yang mengenakan pakaian sipil pada umumnya.

Tampak juga sejumlah warga lain yang mengenakan atribut FPI keluar masuk di jalan tersebut.

Sebagian mereka tampak duduk-duduk dan bercengkrama di pinggir jalan di dalam Jalan Petamburan III.

Warga sekitar tampak menjalankan aktivitasnya seperti biasa.

Lalu lintas di Jalan KS Tubun juga tampak lengang.

Menjelang pemeriksaan Imam Besar <a href='https://kupang.tribunnews.com/tag/fpi' title='FPI'>FPI</a> <a href='https://kupang.tribunnews.com/tag/rizieq-shihab' title='Rizieq Shihab'>Rizieq Shihab</a> atau <a href='https://kupang.tribunnews.com/tag/habib-rizieq' title='Habib Rizieq'>Habib Rizieq</a> oleh Polda Metro Jaya terkait kerumunan massa di masa pandemi covid-19 puluhan warga tampak berkumpul di akses masuk Jalan Petamburan III Jakarta Pusat menuju Markas <a href='https://kupang.tribunnews.com/tag/fpi' title='FPI'>FPI</a> dan rumah Rizieq pada Senin (7/12/2020) sekira pukul 11.30 WIB.
Menjelang pemeriksaan Imam Besar FPI Rizieq Shihab atau Habib Rizieq oleh Polda Metro Jaya terkait kerumunan massa di masa pandemi covid-19 puluhan warga tampak berkumpul di akses masuk Jalan Petamburan III Jakarta Pusat menuju Markas FPI dan rumah Rizieq pada Senin (7/12/2020) sekira pukul 11.30 WIB. (TRIBUNNEWS.COM/GITA IRAWAN)

 

Sejumlah wartawan juga tampak siaga di seberang Jalan Petamburan III.

Diberitakan sebelumnya Polda Metro Jaya kembali mengagendakan pemanggilan terhadap Imam Besar Front Pembela Islam (FPI) Habib Rizieq Shihab, pada hari ini, Senin (7/12/2020).

Habib Rizieq dipanggil untuk menjalani pemeriksaan terkait kasus kerumunan massa di acara pernikahan putrinya, beberapa waktu lalu.

Penyidik Direktorat Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya mengagendakan pemeriksaan kepada Habib Rizieq serta menantunya pada pukul 10.00 WIB.

Adapun ini adalah panggilan kedua bagi Habib Rizieq dan menantunya HSA. Pada panggilan pertama, keduanya diketahui tak hadir.

“Untuk hari Senin sudah kami jadwalkan MRS dan juga menantunya HSA. Kami harapkan yang bersangkutan untuk bisa hadir,” ujar Kabid Humas Polda Metro Jakarta Kombes Pol Yusri Yunus, kepada wartawan, Senin (7/12/2020).

Sebelumnya diberitakan, Direktorat Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya kembali melanjutkan pemeriksaan saksi-saksi dalam kasus kerumunan massa terkait acara pernikahan putri dari Habib Rizieq Shihab di Petamburan, Jakarta Pusat, beberapa waktu lalu.

Terkini, Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Yusri Yunus mengatakan empat orang saksi tengah diperiksa oleh penyidik.

“Kegiatan hari ini oleh penyidik menyangkut Petamburan kita masih menunggu hasil dari pemeriksaan hari ini. Hari ini ada empat saksi, sekarang ini sedang diperiksa,” ujar Yusri, di Polda Metro Jaya, Jakarta, Jumat (4/12/2020).

Empat saksi yang tengah menjalani proses pemeriksaan diketahui terkait dengan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.

Antara lain dari pihak Parekraf DKI Jakarta, Suku Dinas Perhubungan DKI Jakarta, Kepala Laboratorium Kesehatan Daerah DKI hingga BPBD DKI Jakarta.

“Pemeriksaan sebagai saksi pertama adalah Plt Kadis Parekraf DKI Jakarta saudara GE, kemudian Kasubdinhub DKI MS, kemudian ada Kalab Kesda DKI Jakarta saudara EM, satu lagi dari BPBD DKI Jakarta saudara SK,” jelas Yusri.

“Keempat-empatnya sudah hadir memenuhi panggilan dari penyidik. Sementara masih dilakukan pemeriksaan dari penyidik,” imbuhnya.

KRONOLOGI

Berikut kronologisnya:

1. Serang Polisi di Tol Jakarta-Cikampak

Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Fadil Imran mengungkap telah terjadi penyerangan kepada anggota kepolisian di ruas Tol Jakarta-Cikampek KM 50, Senin (7/12/2020) dini hari.

Fadil mengatakan anggota yang diserang tengah melakukan penyelidikan terkait adanya informasi pengerahan massa akibat adanya agenda pemeriksaan kepada Muhammad Rizieq Shihab (MRS) yang dijadwalkan berlangsung hari ini, Senin (7/12), pukul 10.00 WIB.

“Tadi pagi sekitar pukul 00.30 WIB di Jalan Tol Jakarta – Cikampek KM 50 telah terjadi penyerangan kepada anggota polri yang melaksanakan tugas lidik terkait pemeriksa MRS yang dijadwalkan berlangsung hari ini jam 10.00 WIB,” ujar Fadil, di Polda Metro Jaya, Jakarta, Senin (7/2/2020).

2. 10 Pendukung Habib Rizieq vs 6 Anggota Polri

Fadil mengatakan enam anggota kepolisian tersebut diserang oleh sepuluh orang pengikut dari MRS.

Dalam kejadian itu, kepolisian terpaksa melakukan tindakan tegas dan terukur sehingga enam diantara pengikut MRS tewas ditembak.

3. Polri Lakukan Upaya Terukur

“Terhadap kelompok MRS yang melakukan penyerangan kepada anggota dilakukan tindakan tegas dan meninggal dunia 6 orang,” kata dia.

4. 4 Melarikan Diri

Dalam peristiwa tersebut, sebanyak 4 pendukung Habib Rizieq Shihab melarikan diri.

“Empat orang lainnya melarikan diri,” imbuh Fadil.

//delegasi(tribunnews)

 

 

Komentar ANDA?