Home / Polkam / KH.Hasyim Muzadi :Tidak Boleh ada Agama Manapun Yang Klaim
hasyim
Anggota Dewan Pertimbangan Presiden, Kyai Haji Hasyim Muzadi

KH.Hasyim Muzadi :Tidak Boleh ada Agama Manapun Yang Klaim

Kupang, Delegasi – Anggota Dewan Pertimbangan Presiden, Kyai Haji Hasyim Muzadi member komentar pedas terhadap agama tertentu di negeri ini yang mengklin diri berjasah terhadap keberadaan bangsa Indonesia. Olehkarena itu,tidak bleh ada agama yang mengambil negeri ini untuk dirina dan agamanya.
“Tidak boleh ada agama manapun yang mengklaim diri sebagai satu-satunya yang memperjuangkan kemerdekaan. Pahlawan-pahlawan bangsa berserakan di seluruh negeri dari semua agama.Maka konsekuensinya, tidak boleh ada satu agama pun yang boleh mengambil alih untuk dirinya sendiri tanpa keterkaitan dengan agama lainnya,” tegas Hasyim. Hasyim secara khusus hadir di Kupang NTT sebagai utusan pemerinta pusat pada kesempatan tersebut, kembali menegaskan bahwa kemerdekaan Indonesia dibangun oleh semua agama..
Lebih lanjut, mantan Ketua PBNU itu menyatakan selalu ada potensi gangguan terhadap Nusantara Bersatu baik dari dalam maupun luar negeri. Menurutnya, pintu masuk yang paling cepat untuk memecah kesatuan Indonesia adalah melalui konflik agama. “Konflik-konflik agama di Indonesia umumnya terjadi karena faktor-faktor non agama yang diagamakan oleh agama itu sendiri. Tokoh-tokoh agama memilki kewajiban untuk kembali menempatkan agama sebagai agama. Agama harus menjadi potensi negara bukan sebagai sumber masalah. Agama harus diletakan sebagai pegangan hidup dan keluhuran. Agama akan berkembang kalau menawarkan semangat humanisme. Tokoh-tokoh agama juga hendaknya terbuka untuk belajar ajaran agama lain. Saya selalu menghimbau kepada Penyelenggara Negara untuk menempatkan Pancasila sebagai satu-satunya ideologi negara,” katanya sembari mengingatkan agar kebenaran tidak diidentikan dengan mayoritas dan minoritas.//delegasi. hermen jawa

Komentar ANDA?



About Delegasi Online

Check Also

Komunitas Pro Bono Publico Gelar Webiner ‘Waspada Kebangkitan Fundamentalisme

JAKARTA, DELEGASI.COM – Pancasila harus menjadi gerakan dan keteladanan, demikian antara lain yang menjadi simpulan ...