Kompetisi Perebutkan Anugerah Jurnalistik Adinegoro 2021 Dibuka

  • Bagikan

JAKARTA, DELEEGASI.COM – Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Pusat kembali mengundang seluruh wartawan media cetak, siaran televisi dan radio, serta media siber, mengirimkan karya jurnalistik terbaiknya untuk mendapatkan Anugerah Jurnalistik Adinegoro 2021.

Kompetisi jurnalistik tertinggi dan paling bergengsi di Tanah Air ini membuka pendaftaran mulai 11 September 2021 hingga batas akhir November 2021. Lomba ini terbuka bagi semua wartawan yang bekerja secara aktif dan diakui, bukan wartawan lepas alias freelance.
Ketua Panitia Tetap Anugerah Jurnalistik, Adinegoro, Rita Sri Hastuti di Jakarta, Jumat, 3 September 2021 menjelaskan, dalam situasi pandemi Covid-19, sebagian masyarakat merasa putus harapan. Karena itu karya jurnalistik yang memberi inspirasi dan membangkitkan semangat, akan membantu banyak orang untuk berani menggapai harapan.

“Dalam harapan terdapat kekuatan yang membuat kita berjuang untuk mencapai suatu keberhasilan dan mematahkan segala rintangan, sedangkan semangat adalah alat yang diperlukan untuk mencapai harapan. Semangat ini terinspirasi dari pemikiran tokoh pers Indonesia yang menjadi nama penghargaan ini, Adinegoro,” katanya.

Adinegoro di dalam bukunya Falsafah Ratu Dunia, menekankan bahwa pers mempunyai hubungan sangat erat dengan masyarakat. Karena pers berperan penting mencatat hingga mempublikasikan berbagai informasi yang dapat membentuk pendapat publik.
“Karena itu, wartawan melalui kelembagaan persnya berperan penting membangun semangat dan harapan masyarakat dalam menjalani kehidupannya,” kata Rita Sri Hastuti mengutip karya Adinegoro itu.

Karya jurnalistik sesuai dengan tema di atas, yang dimuat/ditayangkan/disiarkan sekitar tanggal 1 Desember 2020–30 November 2021.

Karya berupa liputan berkedalaman (indepth reporting) baik di media cetak, media siber, media televisi, maupun media radio. Karya tidak bersambung/tidak berseri.

Enam Kategori

Anugerah Jurnalistik Adinegoro 2021 dibagi dalam enam kategori, yakni in-depth reporting (liputan berkedalaman) untuk media cetak (AA1), in-depth reporting untuk media siber (AA2), in-depth reporting untuk media televisi (AA3), in-depth reporting untuk media radio (AA4).

Selanjutnya, foto berita untuk media cetak dan media siber (AA5), karikatur opini untuk media cetak dan media siber (AA6).

Hanya ada satu pemenang pada tiap kategori yang akan mendapatkan hadiah Rp25 juta, trofi, serta piagam penghargaan dari PWI/Panitia HPN 2021.
Panitia Tetap Anugerah Jurnalistik Adinegoro juga akan mengumumkan dan memberikan piagam penghargaan kepada 30 nomine terbaik.

Informasi lebih lanjut tentang pendaftaran dapat menghubungi Pantap Anugerah Jurnalistik Adinegoro 2020-2023 Katherina M M. Saukoly (WA: 0813-8537-6428), Widya (WA: 0812-1490-3421 atau 021-3453131), dan bisa juga melalui alamat surel; anugerahjurnalistik.adinegoro@gmail.com.

Penyerahan Anugerah Jurnalistik Adinegoro 2021 rencananya akan dilakukan di depan Presiden RI saat acara puncak Hari Pers Nasional 9 Februari 2022 di Kendari, Sulawesi Tenggara.

//delegasi(*)

Komentar ANDA?

  • Bagikan