Home / Olahraga / Masih Belum Kompetitif di Jerez, Ini Komentar Valentino Rossi
valentino rosi
Pebalap Movistar Yamaha, Valentino Rossi, hanya menempati posisi ke-12 pada sesi latihan bebas kedua MotoGP Spanyol di Sirkuit Jerez, Jumat (5/5/2017). (Crash)

Masih Belum Kompetitif di Jerez, Ini Komentar Valentino Rossi

Jerez, Delegasi.com – Pebalap Movistar Yamaha, Valentino Rossi, mengalami kesulitan pada dua sesi latihan bebas awal MotoGP Spanyol di Sirkuit Jerez, Jumat (5/5/2017). The Doctor bahkan tak bisa menembus 10 besar pebalap tercepat.

Rossi hanya menempati posisi ke-16 pada sesi latihan pertama (FP1) yang berlangsung di trek basah. Saat trek sudah hampir sepenuhnya kering pada sesi latihan bebas kedua (FP2), Rossi hanya naik empat tingkat ke peringkat 12. Pada kedua sesi tersebut, Rossi terpaut satu detik lebih dengan pebalap Repsol Honda yang menguasai sesi latihan bebas Jumat, Dani Pedrosa.

“Ini hari yang sulit. Saya agak cemas dengan sesi latihan pagi karena trek benar-benar basah dan kami sedikit menderita. Kami tak bisa menemukan setelan yang tepat. Padahal dengan motor lama kami, semuanya lebih mudah. Sepertinya kami harus bekerja keras karena saya tak cukup cepat,” kata Rossi seperti dikutip dari Crash.

“Pada sesi sore, kondisi trek sebagian besar sudah mengering, tapi belum benar-benar kering karena masih ada genangan air di beberapa area trek dan itu cukup berbahaya. Kondisi itu menyulitkan karena saya tak bisa menggeber motor 100 persen. Saya masih kesulitan dan kurang cepat. Kami juga kembali bermasalah dengan setelan motor, jadi kami harus memperbaikinya,” ujar Valentino Rossi.

Menurut Rossi, masalah yang dia alami di Jerez mirip dengan yang terjadi pada seri pembuka MotoGP 2017 di Losail, Qatar. Namun, saat itu Rossi mampu bangkit pada hari perlombaan dan finis di posisi ketiga.

“Performa motor di trek basah hampir mirip dengan di trek kering. Saya kurang cepat saat masuk tikungan dan ban belakang spin saat berakselerasi,” kata Rossi.

Rossi mendominasi balapan di Jerez pada MotoGP 2016. Dia start dari pole position dan memimpin sepanjang lomba hingga finis terdepan.

“Tahun lalu dengan motor lama saya bisa langsung sangat kuat sejak sesi latihan bebas pertama dan sepanjang akhir pekan saya sangat nyaman dengan motor. Tahun ini saya mengalami masalah yang sama seperti di trek lain, yaitu sulit menemukan keseimbangan motor saat masuk tikungan. Motor tahun ini agak berbeda dengan edisi tahun lalu. Jadi, kami butuh waktu untuk lebih memahaminya,” kata Valentino Rossi.//delegasi (*)

Komentar ANDA?



About Delegasi Online

Check Also

Hasil Liga Spanyol: 2 Blunder Bikin Barcelona Ditekuk Cadiz

MADRID, DELEGASI.COM — Barcelona di luar dugaan menelan kekalahan 1-2 dari tim promosi Cadiz pada pekan ...