Home / Nasional / Obama, dari Bali ke Yogyakarta
Barack Obama
Barack Obama dan keluarga turun dari pesawat kenakan pakaian santai. Barack Obama berada di Indonesia hingga tanggal 28/6/2017)//foto istimewah

Obama, dari Bali ke Yogyakarta

Bali, Delegasi.com – Mantan Presiden Amerika Serikat Barack Obama dan keluarga tiba di Bali pada Jumat (23/6/2017) sore. Obama datang bersama keluarganya ke Bali untuk berlibur hingga 28 Juni 2017.

Dirilis tribunnews.com, sebelum kedatangan Obama, pengamanan ketat dilakukan di sekitar Four Seasons Resort di Desa Sayan, Ubud, Bali. Pangdam IX Udayana Mayjend TNI Komaruddin Simanjuntak melakukan kunjungan singkat untuk memantau pengamanan di sekitar hotel tersebut.

Setelah berlibur di Bali, Obama rencananya akan melanjutkan perjalanannya ke Yogyakarta dan kemudian mengakhiri kunjungan ke Indonesia dengan datang ke Jakarta.

Berikut ini 5 berita terpopuler dari seantero Nusantara sepanjang hari kemarin yang tak boleh Anda lewatkan:

1. Hanya 4 Orang Ini yang Bisa Langsung Sambut Obama Saat Tiba di Bali

Presiden Amerika Serikat Barack Obama bersama putri tertuanya, Malia (17).(PEOPLE.COM)
Mantan Presiden Amerika Serikat Barack Obama dan keluarga dijadwalkan tiba di Bali, Jumat (23/6/2017), untuk berlibur.

Obama dijadwalkan tiba dengan pesawat khusus di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai Bali pada pukul 17.55 Wita.

Asisten Pemerintahan dan Kesra Pemprov Bali, Dewa Putu Eka, mengatakan bahwa Obama berharap privasinya tidak terganggu selama melakukan liburan di Bali.

Menurut Putu Eka, sejak kedatangan, Obama hanya akan disambut oleh empat orang, yakni Gubernur Bali I Made Mangku Pastika, Pangdam IX Udayana Mayjend TNI Komaruddin Simanjuntak, Kapolda Bali Irjen Petrus R Golose, dan Komandan Angkatan Udara, Bandara I Gusti Ngurah Rai Kolonel Penerbang Wayan Superman.

2. Kisah di Balik Aksi Heroik Sertu Suratman yang Gagalkan Pemerkosaan Siswi SMP

Anggota Babinsa Koramil 09 Karangreja Kodim 0702 Purbalingga Sersan Satu (Sertu) Suratman mendapatkan piagam penghargaan dan satu unit sepeda motor dari Komandan Korem 071/Wijaya Kusuma Kolonel Inf Suhardi, Rabu (21/6/2017). (Dok Pendam IV Diponegoro)
Hidup memang serangkaian misteri yang menunggu untuk dipecahkan satu persatu.

Begitulah kiranya gambaran yang tepat untuk mengawali kisah heroik Sersan Satu (Sertu) Ratman, prajurit TNI yang berhasil menggagalkan aksi pemerkosaan yang dilakukan empat pemuda kepada satu siswi SMP di tepi hutan pinus Siregol, Purbalingga, Jawa Tengah.

Kisah itu berawal pada Jumat (16/6/2017). Sertu Ratman yang merupakan anggota Koramil 09 Karangreja, Kodim Purbalingga, Jawa Tengah mendapat Surat Perintah dari Danramil untuk menjadi Bintara Pembina Desa (Babinsa) di Desa Danasari, Kecamatan Karangjambu.

Setelah mendapat SP itu, Sertu Ratman langsung mengunjungi desa terpencil yang akan menjadi medan tugasnya ke depan.

“Saya berangkat dari Koramil pagi sekitar pukul 10.00 WIB. Kebetulan waktu itu hari Jumat, jadi saya sekalian shalat Jumat di sana,” ujar istri dari Fitri Purwati itu berkisah.

3. Kenakan Kaus dan Celana Jins, Obama Tiba di Bali

Barrack Obama menikmati waktu bermain golf di Italia.(Dailymail)
Mantan presiden Amerika Serikat Barack Obama akhirnya tiba di Bali pada Jumat (23/6/2017) sore. Pesawat yang ditumpanginya mendarat di Bandara Ngurah Rai pukul 18.52 Wita.

Obama tiba dengan menggunakan pesawat pribadi miliknya jenis Gulfstream G-V N50JE dengan delegasi 14 orang yang terdiri dari istri, 2 putri, saudara perempuan, keluarga adik mantan presiden Obama dan staf khusus.

Pantauan Kompas.com, Obama turun dari pesawat melalui base Ops angkatan udara yang terletak di bagian timur Bandara Ngurah Rai.

Proses sejak pesawat mendarat sampai Obama meninggalkan Bandara Ngurah Rai memakan waktu kurang lebih satu jam.

“Tadi dilakukan custom clearance dan bagasi dulu dan ada seremonial foto dulu sebelum keluar. Totalnya satu jam kurang lebih,” kata Humas Angkasa Pura I, Ngurah Rai, Arie Ahsanurrohim.

4. Ini Perbedaan Perlakuan Kedatangan Raja Salman dan Obama di Bali

Barrack Obama dan Michelle saat berlibur di Italia.(Dailymail)
Danlanud Kolonel Penerbang Wayan Superman mengatakan, walau sama-sama tergolong tamu VVIP, ada perbedaan saat Raja Arab Saudi Salman Bin Abdulazis Al Saud datang ke Bali dengan kedatangan mantan presiden Amerika Barack Obama.

Perbedaan paling mencolok adalah pada jumlah anggota rombongan yang datang. “Waktu Raja Salman datang dengan jumlah rombongan yang besar,” kata Superman, Jumat (24/6/3017).

Sementara Barack Obama datang dengan jumlah rombongan hanya 14 orang sebagaimana yang telah dikordinasikan oleh tim advance Barack Obama.

Selain itu, saat Raja Salman tiba di Bali, seluruh aktivitas penerbangan komersil dihentikan baik saat pesawat rombongan Raja Salman landing atau take off.

Sementara Barack Obama justru meminta agar tidak ada perlakuan khusus dan akan mendarat di Ngurah Rai tanpa harus menghentikan aktivitas komersil lain.

5. Pengamanan Ketat Terlihat di Tempat Obama Menginap di Bali

Mantan presiden Amerika Barack Obama akan berlibur di Bali. Dia tiba pada Jumat (23/6/017) sore. Selama berada di Bali, Obama rencananya akan nginap di Four Seasons Resort, yang terletak di Desa Sayan, Ubud, Gianyar, Bali.

“Secara tentatif Obama rencananya akan nginap di Four Seasons Ubud, bisa saja berubah. Tapi sementara masih di sana,” kata Danrem Wiratsatya Kolonel Arhanud I Gede Widiana pada Jumat (23/6/217).

Pantauan Kompas.com, terjadi peningkatan aktivitas pihak keamanan di Hotel Four Seasons Ubud jelang kedatangan Obama. Bahkan jelang Jumat siang, sejumlah petugas mulai memperketat penjagaan di pintu masuk resort.

Tak hanya itu, simulasi pengamanan rombongan juga dilakukan petugas gabungan dari polisi dan TNI. Dalam simulasi ini terlihat ada dua skenario. Pertama, rombongan memasuki resort dari arah selatan dan satu lagi dari arah utara.//delegasi(*/hermen)

Komentar ANDA?



About Delegasi Online

Check Also

TKW Walfrida Soik Bebas dari Hukuman Mati, Pemprov NTT Apresiasi Upaya Kemenlu RI 

KUPANG, DELEGASI.COM–  Wakil Gubernur NTT, Josef Nae Soi (JNS) menerima kedatangan Dirjen Protokol dan Konsuler Kementerian ...