Semua Izin Tambang Mineral di NTT Dicabut

  • Bagikan
Wakil Gubernur NTT, Yosef Nae Soi//foto: pos kupang

Maumere, Delegasi.Com – Janji  Gubenur dan  Wakil Gubernur NTT, Viktor  Laiskodat dan  Josef  Nae  Soi,  mencabut   izin  usaha semua  jenis   tambang mineral segera dilakukan  ketika  mereka sudah  beraktivitas.
Tidak  ada toleransi  untuk  izin  usaha  pertambangan.

“Izin yang sudah  ada  dan masih berlaku akan  kami  cabut. Izin  yang sementara  proses akan  dihentikan.

Seberapa  banyak,  saya  akan akan  panggil kadisnya  (pertambangan)  kalau sudah  masuk kerja,” tegas   Josef kepada  wartawan  ketika   melakukan  kunjungan pribadi kepada  Uskup Maumere, Mgr. Gerulfus  Kherubim Parera, SVD,  Sabtu   (8/9/2018) di Pulau  Flores.

Ia   belum  tahu  jenis  usaha  tambang mineral.  Sempat didengarnya  ada  usaha  tambang  mangan dan  tambang besi.

Menurut Josef, usaha  tambang  telah  membuat wajah   NTT menjadi  bopeng.  Usaha tambang  tidak  layak dilakukan di NTT, sebab pulau  ini kecil tak seperti  Pulau  Kalimantan.

“Wajah kita  (pulau)  ini  sudah  cantik, tidak  boleh  rusak  lagi. Tambang bikin  bopeng wajah kita.   Kalau  sudah  bopeng, dikasih bedak  berulang  kali tetap  bopeng. Kita  akan kosentransi pada pariwisata,” kata  Josef.

Josef mengakui  keputusan pencabutan  izin  usaha pertambangan  akan mengundang perlawan yang keras  dari  para  pemilik  usaha.Gugatan ke  pengadilan akan dilakukan oleh pengusaha  yang dirugikan usahanya.

“Kami  tidak disukai  ketika kami putuskan untuk kembali ke NTT.  Tidak  apa-apa,  yang penting  rakyat suka  kami. Tidak perlu  pengusaha atau  aparat  yang suka  kami,” tandas  Josef.  //delegasi(pos kupang/ger)

 

Komentar ANDA?

  • Bagikan